Verifikasi ODF

Perilaku buang air besar Sembarangan ( BABS/ Open Defecation Free ) termasuk Salah satu contoh Perilaku tidak sehat. BABS / Open Defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran / tinja di Ladang, hutan, Semak-semak,Sungai, pantai, atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan , tanah, udara dan Angin.

Kamis (12/12 ) Pihak Puskesmas Ketanggungan ibu Cuwiri memberikan Penjelasan tata cara Verifikasi ODf , Data awal yang memiliki Jamban 80% dan yang belum 20%.

Pada Kesempatan ini sekretaris Desa Ciduwet ( Imam Baeqoni ) menyampaikan bahwa di tahu 2020 dianggarkan Pembangunan jambanisasi sebanyak 100 unit untuk mewujudkan 2020 bebas Buang Air Besar Sembarangan ( BABS / ODF ).

Verifikasi dilakukan langsung pada hari ini oleh Kader Posyandu yang berjumlah 18 Orang, mereka mendatangi Masyarakat langsung untuk memperoleh data yang Valid terkait kepemilikan Jamban dan Perilaku Buang Air Besar Sembarangan.

Data yang diperoleh ini akan direkap oleh pihak Puskesmas dan diserahkan ke desa sebagai acuan Pembangunan jambanisasi 2020 dan Tahun-tahun berikutnya.